LIMA TEMPAT ANGKER DI JAKARTA

 Sebagai Ibukota Indonesia, aktivitas yang terjadi di Jakarta hampir tak pernah berhenti selama 24 jam. Meski Jakarta menjabat sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Jakarta tak luput dari cerita masyarakat yang misterius. Bahkan beberapa warga asli Jakarta percaya jika beberapa sudut kota Jakarta menyimpan cerita sosok hantu sehingga menjadikan lokasi itu angker. Meskipun banyak yang menolak keberadaannya, tapi ada juga orang-orang yang percaya bahkan menjadikan lokasi-lokasi angker itu sebagai inspirasi film.

Di posisi pertama adalah Lintasan rel kereta bintaro. Tragedi 19 Oktober 1987 ini terjadi di dekat stasiun Sudimara, Bintaro, Jakarta Selatan. Peristiwa naas ini merupakan kecelakaan tabrakan antara 2 kereta api, yaitu rangkas bitung dan tanah abang. Keduanya bertabrakan akibat kelalaian petugas stasiun. Kecelakaan yang merenggut 156 korban jiwa itu menimbulkan berbagai kisah mistis. Konon, warga sekitar sering melihat potongan kepala menggelinding sendiri, suara rintihan orang menangis, atau sosok hantu dengan baju compang-camping yang terlihat setelah magrib sampai tengah malam di kawasan TKP.

Di posisi kedua adalah Terowongan Casablanca. Terowongan fenomenal yang sempat meramaikan perfilman Indonesia ini dianggap horror karena terowongan Casablanca dibangun di atas tanah kuburan. Jadi saat melintasi, ingatlah kamu sedang melintasi batu-batu nisan. Diberitakan ada seorang lelaki tua yang gantung diri dengan kain spanduk di terowongan ini. Warga sekitar mengaku sering mendengar suara tangisan yang berpindah maupun cerita-cerita horor mengenai tukang ojek yang mengantar seseorang namun sosok itu menghilang dan diyakini sebagai kuntilanak Casablanca.

Berlanjut ke posisi tiga adalah tempat angker yang terletak di bilangan Jakarta Timur, yakni kawasan pertokoan klender. Kerusuhan Mei 1998 bisa dianggap sebagai salah satu noda kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Saat kerusuhan itu terjadi, kawasan pertokoan Klender di Jakarta Timur termasuk titik paling mencekam. Kebakaran yang terjadi di pertokoan itu merenggut korban jiwa berupa ratusan pegawai, pengunjung, hingga para penjarah. Kisah angker mulai timbul semenjak itu seperti sering tercium bau daging terbakar yang menyengat sekitar pukul 2 dini hari, atau adanya sosok-sosok hangus saat pukul 1, termasuk penumpang-penumpang misterius yang tiba-tiba wajahnya menjadi hangus.

Rumah kentang di kawasan Prapanca menempati posisi keempat. Rumah ini terletak di kawasan Jakarta Selatan dan sudah menjadi salah satu kisah angker melegenda di masyarakat. Sebutan rumah kentang berawal dari kejadian seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam panci panas yang digunakan merebus kentang. Anak kecil itu akhirnya tewas secara mengenaskan. Konon, jika kamu melintasi rumah ini dan sedang apes, kamu akan mencium aroma kentang rebus dan suara anak kecil menangis. Well, meski terdengar tak masuk akal, keangkeran lokasi ini membuat Jose Poernomo terinspirasi dan membuat film berjudul RUMAH KENTANG.

Di posisi terakhir ada Taman Langsat Mayestik di bilangan Jakarta Selatan. Melihat taman kota yang berada di belakang pasar burung kawasan Barito, Jakarta Selatan ini, pasti yang terpikir adalah lokasi olahraga dan bersantai yang lengkap. Tapi pepohonan asri di siang hari bisa berubah angker di malam hari karena sepi. Warga sekitar mengakui sering melihat kuntilanak dan genderuwo di pohon-pohon rindang saat melintas di malam hari. Bahkan kisah warga yang kesurupan bukan hal baru di taman Langsat ini. Seorang satpam taman mengakui sering mencium bau-bau aneh dan mendengar suara tertawa yang sumbernya tak jelas saat berjaga di malam dini hari.

Itulah lima tempat angker di Jakarta versi UMN Radio. Ultimafriends tertarik untuk uji nyali? Ditunggu ceritanya sepulang dari tempat-tempat tersebut ya :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s